Gempa 7,3 SR Guncang Sumbagut !!!


Tiga Warga Simeulue Tewas, Puluhan Luka-lukaBanda Aceh

Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) mengguncang sejumlah wilayah di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Rabu (20/2) pukul 15.08 WIB yang berpusat di darat 42 km barat laut Sinabang, Kabupaten Simeulue.

Informasi yang diterima dari Stasiun BMG menyebutkan, kedalaman gempa 30 km itu berada pada 2,58 Lintang Utara (LU) dan 95,99 Bujur Timur (BT).

Getaran gempa yang membuat panik warga ini dirasakan di Banda Aceh, Sinabang, Gunungsitoli dengan II-III Modified Mercally Intensity (MMI), Meulaboh VI MMI, Medan, Sibolga, Padang III MMI dan Bukit Tinggi serta Payah Kumbuh dengan I-II MMI.

Kepala Stasiun BMG Mata Ie Banda Aceh Syahnan saat dikonfirmasi wartawan menyatakan meskipun berkekuatan 7,3 SR (atau 7,5 SR versi USGS) tak berpotensi tsunami.

Namun di Kabupaten Simeulue dilaporkan menyebabkan 3 warga tewas dan 27 lainnya terpaksa dirawat di rumah sakit Sinabang. Korban dirawat di antaranya ada patah tulang akibat jatuh dari ketinggian rumah karena panik.

Informasi ini diperoleh dari kalangan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Tapaktuan dari rekan RAPI Subulussalam yang memiliki perangkat sebelas meteran dan mampu berhubungan langsung ke Simeulue.

“Informasi ini dilanjutkan ke Tapaktuan dari RAPI Subulussalam,” kata Ujang, anggota RAPI Tapaktuan kepada Analisa, Rabu (20/2) malam sekitar pukul 20.30 WIB.

Sementara di Meulaboh, Ibukota Kabupaten Aceh Barat akibat guncangan gempa terjadi kepanikan luar biasa, warga tidak hanya berhamburan keluar rumah tapi juga berlarian di jalan raya untuk menyelamatkan diri.

Akibatnya berdasarkan laporan warga Tapaktuan yang berdomisili di Meulaboh, ada sejumlah warga mengalami luka-luka karena tertabrak kendaraan dan beberapa lainnya jatuh pingsan akibat shok.

Warga Simeulue dilaporkan sempat merasakan tiga kali goyangan gempa, pertama berkekuatan 7,3 SR, kedua 5,5 SR terjadi pada pukul 15.28 WIB dengan pusat gempa pada posisi 2,70 LU dan 95,97 BT pada kedalaman 30 kilometer pada arah 49 km barat laut Sinabang.

Kemudian disusul gempa ketiga berkekuatan 5,3 SR yang terjadi pada pukul 16.05 WIB dengan pusat gempa pada posisi 2,86 LU dan 96,18 BT pada kedalaman 10 km pada arah 46 km barat laut Sinabang.

Mencekam

Pasca gempa yang melanda Simeulue dan sebagian wilayah di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), kondisi di Kabupaten Simeulue yang merupakan pusat gempa dilaporkan masih mencekam.

Pasalnya, hingga berita ini dikirim aliran listrik padam total dan hubungan komunikasi juga terganggu. Satu-satunya sarana komunikasi yang bisa dipakai hanya milik Telkom setempat.

Pasca gempa sekitar ratusan warga Simeulue berbondong-bondong ke Kantor Telkom Sinabang yang terletak di Jalan Nusantara No.1 Desa Suka Maju Sinabang.

Warga panik ingin menghubungi keluarganya yang ada di luar Sinabang guna melaporkan kondisi dan keadaan mereka.

Larinya ratusan warga ke Kantor Telkom ini, menurut Kakancatel Telkom Sinabang, Ruslan, akibat hubungan komunikasi terputus. Hanya fasilitas Telkom yang bisa dihubungi.

“Telepon selular dan Flexi tak bisa dipakai, hanya telepon kabel yang bisa dioperasikan” ujar Ruslan.

Simpang-Siur

Sejauh ini, kekuatan gempa yang berpusat di darat 42 km barat laut Sinabang juga masih simpang-siur. BMG menyebutkan kekuatan gempa mencapai 7,3 SR, sedangkan USGS yang merupakan pendeteksi gempa AS mencatat 7,5 SR.

Seluruh pasien RS juga dievakuasi keluar untuk menghindari hal yang tak diinginkan, ujar Marianto seorang pekerja asal Medan yang sudah sebulan berada di kabupaten kepulauan tersebut.

Pasca kejadian ini, GM Kakandatel Telkom NAD Jarwilis Yunus menyatakan, pihaknya menjadikan kantor Kandatel Telkom Sinabang posko komunikasi masyarakat selama tiga hari.

Bagi warga luar Simeulue yang ingin menghubungi saudaranya yang ada di Sinabang, bisa menelepon ke Nomor 0650-21108. Begitu juga Telkom menyediakan dua nomor yang bisa dimanfaatkan warga selama masa panik ini.

“Semua layanan tersebut gratis,” tegas GM Kakandatel Telkom NAD, Jarwilis Yunus usai melakukan komunikasi dengan Kakancatel Sinabang Ruslan, Rabu malam. (irn/ma/dtc/analisa)

About alkahfi

Bekerja di bidang IT-MIS di sebuah perusahaan Optik di Medan, sebagai Software Enginer.

Posted on February 21, 2008, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: